Kamis, 20 Oktober 2011

Ilmu Rekayasa Pantai

Dewasa ini, ilmu rekayasa pantai sudah sangat pesat perkembangannya. Dari mulai teori gelombang linier hingga teori gelombang nonlinier. Dari mulai kajian perlindungan pantai hingga penyelidikan pengembangan kawasan pantai. Dari mulai konsep reklamasi pantai (beach nourishment) hingga konsep konstruksi terapung yang sangat besar (large floating structure) yang mengagumkan. Dari mulai teknologi single wind turbin hingga konsep wind energy farm. Dari konsep energi gelombang (wave energy) hingga konsep compound energy device yang menggabungkan energi gelombang, energi angin dan energi matahari menjadi satu pembangkit energi listrik alternatif. Dari mulai konsep penyelidikan pantai menggunakan instrument berbasis digital hingga penyelidikan pantai menggunakan instrument berbasis nuklir. Dari mulai pembangunan dermaga kecil (small pier) hingga pembangunan konstruksi lepas pantai (offshore structure) di laut dalam. Dari mulai jembatan ponton hingga konstruksi terowongan bawah tanah yang memukau di daratan Eropa yang menghubungkan Inggris dan Prancis.
Rekayasa Pantai (Coastal Engineering) menurut USACE (US Army Corps of Civil Engineering), 2000, secara garis besar adalah salah satu dari beberapa disiplin ilmu yang mempelajari proses-proses, fenomena lingkungan, dan karakteristik pada daerah pantai, dan mengembangkan suatu solusi untuk mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan pengaruh interaksi manusia dengan alam di daerah pantai.
Ilmu rekayasa pantai adalah bagian dari ilmu teknik sipil yang bersandar dan berhubungan dengan berbagai ilmu lainnya antara lain: Mekanika Fluida, Matematika, Statistik, Mekanika Tanah, Oseanografi, Meteorologi, Mekanika Struktur, Geologi, Mekanika bahan, Elektronika, dan Komputer.
Rekayasa pantai meliputi bahasan teori mengenai gelombang dan macam-macam gelombang, sifat-sifat gelombang, gelombang linier dan nonlinier, tekanan dan gaya gelombang, transformasi gelombang, interaksi gelombang dan arus, pasang surut, pengaruh angin terhadap proses pembentukan gelombang, proses pantai, angkutan sedimen pantai, gaya-gaya gelombang pada struktur, macam-macam bangunan pantai dan perlindungan pantai, perencanaan bangunan pantai, pengembangan energi gelombang dan angin.

sumber : http://coastalfuture.blogspot.com/2008/02/dewasa-ini-ilmu-rekayasa-pantai-sudah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar